AUTOINDO.ID, JAKARTA-–Meski pandemi Covid-19 belum sepenuhnya terkendali, namun kebijakan pemerintah di sektor otomotif telah membantu meningkatkan daya beli dan gairah industri otomotif. Hal itu terlihat dari angka penjualan kendaraan bermotor di Tanah Air.
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), menginformasikan capaian positif Mitsubishi Motors di Indonesia sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan MMC di skala global pada kuartal pertama 2021 1 , 26.397 unit, atau berkontribusi 11.5 persen terhadap penjualan MMC secara global 2.
MMC mencatat komposisi penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia didominasi model Xpander (termasuk Xpander Cross) 49 persen, Pajero Sport 20 persen, L300 23 persen. Persentase penjualan lainnya dikontribusikan model Triton, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV.
![](https://i0.wp.com/autoindo.id/wp-content/uploads/2021/02/pajero-jualan-300x200.jpg?resize=300%2C200&ssl=1)
Tidak hanya pada total penjualan global MMC, model Mitsubishi Motors yang dijual di Indonesia juga memberikan kontribusi positif untuk penjualan global berdasarkan model. Penjualan Xpander (termasuk Xpander Cross) di Indonesia menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 54 persen untuk penjualan global model tersebut. Penjualan Pajero Sport di Indonesia juga menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 38 persen untuk penjualan global model tersebut.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia Mitsubishi dan pemerintah Indonesia atas inisiatif pada beragam kebijakan dan insentif yang dapat mendukung daya beli masyarakat dan turut mendorong pertumbuhan industri otomotif. Kami berharap beragam inovasi dan kebijakan yang menguntungkan konsumen dan industri dapat berlanjut menyesuaikan tantangan dan kondisi seperti sekarang ini,” kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.
Capaian positif ini menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, sekaligus menjadi bukti komitmen MMC kepada Indonesia sebagai negara yang benar benar penting dengan memastikan pasokan unit terserap oleh pasar bahkan dalam situasi disruptif seperti saat ini. Berbagai capaian yang diraih Mitsubishi Motors diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan
ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas.
Sejak tahun 2017 model kendaraan penumpang Mitsubishi Motors dengan persentase penjualan terbesar, Mitsubishi Xpander dan Pajero, Sport telah diproduksi di Indonesia dan turut berkontribusi terhadap ekonomi nasional, termasuk penyerapan tenaga kerja dan bahan baku produksi, baik di fasilitas perakitan hingga supplier lokal. Mitsubishi Motors berkomitmen dalam memberikan layanan dan produk terbaik bagi konsumen dengan target 164 diler pada akhir tahun fiskal 2021.