AUTOINDO.ID, JAKARTA–Kendaraan listrik semakin diminati di Indonesia, dan BYD berhasil memimpin pasar EV sepanjang 2024 dengan pangsa pasar 36% serta penjualan 15.433 unit. Pencapaian ini dirayakan dalam acara BYD Media New Year Gathering di Jakarta, sekaligus menandai kesuksesan awal BYD di tahun pertama kehadirannya di Indonesia.
Meski pasar otomotif mengalami tantangan pada 2024, segmen EV tumbuh signifikan dengan peningkatan pangsa pasar dari 1,7% pada 2023 menjadi 5% di 2024. Dukungan pemerintah dan kolaborasi berbagai pihak mendorong pertumbuhan ini, sekaligus memperkuat posisi BYD. Salah satu model andalan, BYD M6, menjadi kontributor utama dengan penjualan 6.125 unit, disusul BYD Seal (4.829 unit), BYD Atto 3 (3.292 unit), dan BYD Dolphin(1.187 unit).
Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, menyampaikan, “Pencapaian ini mencerminkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap teknologi kami. Dengan dukungan berbagai pihak, kami berkomitmen untuk terus memperkuat ekosistem kendaraan listrik di tanah air.”
Secara global, BYD juga mencatatkan prestasi dengan penjualan lebih dari 4,27 juta unit NEV pada 2024, meningkat 41% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada November 2024, BYD mencapai produksi NEV ke-10 juta, menjadi produsen pertama yang mencatat rekor tersebut.

Pabrik Baru dan Komitmen untuk Indonesia
BYD memperkuat komitmennya terhadap pasar Indonesia dengan membangun fasilitas produksi yang direncanakan selesai pada akhir 2025. Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi hingga 150.000 unit per tahun, menciptakan 18.000 lapangan kerja baru, dan mendukung transfer teknologi untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal.
General Manager BYD Asia Pacific Auto Sales Division, Liu Xueliang, menyatakan, “Pembangunan pabrik ini adalah langkah strategis untuk menjadikan Indonesia pusat produksi kendaraan listrik di Asia Tenggara. Kami optimis terhadap masa depan industri kendaraan listrik di sini.”
Selain memperluas jaringan dealer ke 80 lokasi pada 2025, BYD juga aktif dalam pameran otomotif dan kegiatan lain untuk memperkenalkan manfaat mobil listrik kepada masyarakat Indonesia. Dengan langkah ini, BYD berharap terus mendukung mobilitas berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.