AUTOINDO.ID, JAKARTA–Pabrikan sepeda motor premium Ducati hari ini meluncurkan produk baru mereka, Ducati DesertX yang merupakan sepeda motor jenis off-road, yang secara efektif memperluas batas dari apa yang bisa terjadi dilakukan dengan Ducati. Bukit pasir gurun, jalur off-road sempit, jalan berkerikil, dan tikungan pegunungan dengan DesertX semua mimpi untuk menjelajahi segala medan tersebut dapat di wujudkan namun di jalan aspalpun tetap nyaman di kendarai.
Terinspirasi dari sepeda motor enduro tahun 80an, design DesertX mewakili interpretasi kontemporer yang dibuat oleh Ducati Centro Stile sesuai dengan kriteria esensialitas serta daya tahan. Pengembangan ergonomi dari motor DesertX dilakukan pada sesi uji off-road dan aspal yang panjang dan berat. Triangulasi Jok – pijakan kaki – stang memberikan posisi kombinasi terbaik saat berdiri serta memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi, bahkan saat berkendara di jalan raya. Hasil akhir yang didapat adalah motor dengan komposisi pas yang sangat ramping dan terhubung dengan sempurna ke permukaan jalan sehingga menjamin kontrol serta penanganan maksimum dari pengendara apalagi di dukung oleh roda depan 21” dan belakang 18”. Posisi jok memiliki tinggi 875 mm. Ketinggian jok masih dapat dikurangi dengan Aksesoris resmi dari Ducati yaitu Lowered Seat dan juga Lowering Kit.
Tata letak sasis baru mencakup rangka teralis dengan bahan yang baru, dikombinasikan dengan suspensi yang memiliki langkah panjang dan dapat disetel secara khusus, untuk memastikan pengoperasian yang efektif bahkan dalam kondisi offroad yang paling berat sekalipun. Dari hasil optimalisasi semua komponen tersebut menghasilkan motor yang efisien, dimana semuanya dikemas sehingga memiliki berat hanya 202 kg (berat kering). Kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 21L, serta jika diinginkan dapat ditambahkan tangki ekstra (dijual sebagai aksesoris) sebesar 8L pada bagian belakang motor. Perpindahan bahan bakar dari depan ke tangki belakang akan aktif ketika tingkat bahan bakar di tangki utama berada pada level tertentu dan dapat diaktifkan dari dasbor.
DesertX di dukung mesin Testastretta 937 cm3 berkatup Desmodromic Testastretta 11° dan berpendingin cairan dan memiliki karakter dalam keandalan yang sangat baik, menghasilkan 110 hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5. Performa Ducati yang solid dipadukan dengan hantaran tenaga yang halus serta dapat disetel, memberikan kepercayaan diri pada pengendara motor untuk dapat mengatasi rute apapun. Mesin ini memiliki semua pengembangan yang sudah dilakukan terlebih dahulu pada Monster dan Multistrada V2, termasuk kopling 8-bilah yang sangat ringan dan ringkas. Transmisi pada mesin ini dilengkapi dengan gear set yang memiliki bantalan untuk mengurangi gesekan serta meningkatkan kepresisian dan kehalusan saat melakukan perpindahan gigi. Hal ini juga menjadi kontribusi dalam pengurangan bobot total mesin yaitu sebesar 1,7 kg dibandingkan versi sebelumnya.
Rasio pada transmisi ini telah dipersingkat secara keseluruhan pada semua gigi hingga gigi kelima, untuk memastikan penyaluran tenaga yang baik dalam kondisi off-road. Gigi pertama dan kedua, khususnya, jauh lebih pendek, untuk memfasilitasi fase mengemudi kecepatan rendah pada lintasan tertentu khas penggunaan off-road. Gigi keenam cukup panjang untuk memfasilitasi penanganan di jalan raya sambil mempertahankan putaran mesin pada RPM rendah, hal ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan tingkat kenyamanan yang meningkat.
Sistem elektronik yang canggih menjadi alat bantu dan juga sebagai penunjang utama dalam kinerja serta keselamatan bagi pengendara. DesertX baru hadir dengan 6 Mode Berkendara yang bekerja dalam kombinasi dengan 4 Mode Daya – Full, High, Medium, Low – yang mengubah tenaga dan daya tanggap mesin Testastretta. Fitur utama yang terbaru adalah 2 pengaturan khusus untuk mode berkendara Enduro dan mode berkendara Rally, selain mode berkendara lainnya yang tersedia seperti mode berkendara Sport, Touring, Urban dan Wet.
Pada moment yang sama Ducati Indonesia juga menunjuk salah satu petualang Senior, Youk Tanzil sebagai Brand Ambassador dari Ducati Indonesia. Jejak Youk Tanzil menjelajah dengan motor sudah banyak diketahui dengan program nya “Ring Of Fire Advanture”.
“Dengan diluncurkan nya produk DesertX, kami yakin akan menjadi acuan baru sepeda motor offroad maupun adventure di segmen premium Indonesia. Kemampuan DesertX menjelajah sudah kami buktikan dengan mencobanya melintasi area Bromo, Jawa Timur!” DesertX akan menjadi tulang punggung penjualan Ducati Indonesia di tahun 2023 nanti yang akan di banderol dengan harga Rp. 575 Jt (off the road).” tutur Eja Donalsha, Chief Operating Officer Ducati Indonesia.
Sementara itu Youk Tanzil, Brand Ambassador Ducati Indonesia, “Suatu kebanggaan dan kehormatan buat saya ditunjuk Oleh Ducati Asia Pacific dan Ducati Indonesia sebagai Brand Ambassador. Saya yakin kolaborasi antara saya dan Ducati akan membawa sinergi luar biasa untuk brand Premium ini, terlebih untuk produk baru dari Ducati yaitu DesertX dimana saya akan secara langsung menggunakannya untuk aktifitas petualangan saya ke depannya!”