Autoindo
Kamis, 13 November 2025
  • MOBIL
  • MOTOR
  • KENDARAAN NIAGA
  • EVENT
  • MOTORSPORT
  • KOMUNITAS
  • PERJALANAN
  • TIPS
  • LIFESTYLE
No Result
View All Result
Autoindo
No Result
View All Result
Home Berita Utama

Gandeng Lebih dari 3,000 Showroom Mobil Bekas, Broom.id Mantapkan Posisi sebagai Teman Bisnis Showroom

11 September 2022
Share on FacebookShare on Twitter

AUTOINDO.ID, JAKARTA–Di tengah geliat positif industri otomotif tanah air, Broom.id, perusahaan teknologi untuk ekosistem showroom mobil bekas di Indonesia, siapkan roadmap perusahaan untuk meningkatkan skala bisnis showroom mobil bekas di Indonesia. Langkah ini terdiri dari pengembangan teknologi platform digital terintegrasi untuk tingkatkan pelayanan dengan fitur dan produk menarik, meningkatkan pengetahuan pelaku showroom UMKM mobil bekas dengan berbagai program literasi teknologi dan keuangan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia internal, hingga penunjukan manajemen baru yang berpengalaman.

Berdiri sejak tahun 2021, Broom.id telah bekerja sama dengan lebih dari 3,000 showroom di Jabodetabek dengan memberikan berbagai layanan seperti penjualan sementara stok mobil ke Broom.id untuk dapat dibeli kembali oleh showroom (buyback), marketplace eksklusif showroom, dan program komunitas. Berdasarkan data internal perusahaan, sektor industri showroom yang mencakup lebih dari 40 ribu showroom di Indonesia terus bertumbuh, dengan potensi mencapai USD 52 miliar per tahunnya.

“Sama halnya dengan UMKM dan warung tradisional di Indonesia, showroom mobil bekas ini memegang peran penting dalam perputaran ekonomi secara informal, terlebih di tengah situasi ekonomi saat ini. Kami menerima respon yang sangat positif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk dari pelaku bisnis showroom UMKM mobil bekas. Dengan kombinasi layanan berbasis teknologi yang komprehensif namun tak melupakan sentuhan manusia seperti layanan aftersales dan program komunitas, pada akhirnya banyak showroom UMKM mobil bekas yang tertarik untuk bergabung bersama Broom.id untuk tumbuh bersama kami. “ tutur Pandu Adi Laras, Co-Founder & CEO Broom.id.

Ketekunan Broom.id untuk berdayakan showroom mobil bekas dengan teknologi ini mendorong pengakuan dari berbagai pihak, dimana Broom.id baru-baru ini terpilih dalam beberapa program akselerator startup strategis baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya yakni Startup Studio Indonesia Batch 5 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Scale Up Growth Batch 3 dari Endeavour, jaringan wirausaha global untuk perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Terbaru, Broom.id baru saja bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Group untuk pengembangan ekosistem otomotif di Indonesia melalui BRI, BRI Finance, BRI Insurance, dan BRI Life.

“Kami telah mempersiapkan roadmap Broom.id sebagai ekosistem teknologi paling komprehensif bagi industri showroom UMKM mobil bekas di tanah air. Untuk itu, Kami juga terus terbuka untuk kolaborasi dengan Pemerintah dan pelaku industri dari berbagai sektor yang punya kesamaan misi dengan kami. Dengan industri otomotif yang sedang bergairah, Kami percaya bahwa misi memberdayakan showroom ini penting jadi misi bersama agar mereka juga dapat ikut berkontribusi pada pemulihan ekonomi di tanah air.” jelas Pandu menambahkan.

Tunjuk COO Baru untuk Perkokoh Posisi Perusahaan sebagai Teman Bisnis Showroom Broom.id juga memperkenalkan jajaran manajemen baru, dengan menunjuk Claussen Sindhuwinata, mantan eksekutif di Gojek dan Uber, dengan pengalaman manajemen operasional lebih dari belasan tahun, sebagai Chief Operating Officer (COO) Broom.id. Penunjukkan Claussen ini juga memperkuat jajaran manajemen Broom.id yang terdiri dari profesional berpengalaman di industri teknologi dan otomotif tanah air, yakni Pandu Adi Laras (CEO), Pungky Wibawa (CBO) dan Andreas Sutanto (CFO).

Pandu Adi Laras adalah founding team perusahaan ride hailing global Uber di Indonesia serta mantan eksekutif perusahaan on-demand Gojek dan GoFleet, dan Pungky Wibawa serta Andreas Sutanto adalah founder dari Bimmeroom, showroom BMW terbesar di Indonesia. Dengan kombinasi pengalaman tersebut, Broom.id berusaha menjawab masalah terbesar bagi pelaku bisnis showroom mobil bekas tanah air yang mayoritas masih bersifat tradisional.

“Saya sangat senang dapat bergabung bersama Broom.id, serta dapat berkolaborasi bersama Pandu, Pungky, Andreas serta ratusan talenta berbakat lainnya dari industri teknologi dan otomotif. Tak hanya dari manajemen yang berpengalaman di bidangnya dan juga model bisnis yang unik, saya melihat ambisi jangka panjang dari perusahaan dalam memberdayakan industri showroom UMKM mobil bekas yang selama ini operasionalnya belum banyak tersentuh teknologi di Indonesia,” papar Claussen Sindhuwinata, COO Broom.id.

Bergabung dengan Broom.id pada Agustus 2022, Claussen terakhir menjabat sebagai Senior Vice President Operations di perusahaan on-demand Gojek dengan karir lebih dari empat tahun, dimana Claussen mengepalai urusan driver dari GoRide dan GoCar. Sebelumnya, Claussen juga berkarir di perusahaan ride hailing global Uber selama empat tahun, dengan jabatan terakhir sebagai Head of Strategic Projects and Strike Team di Indonesia dengan fokus pada berbagai proyek internal strategis dalam operasional sehari-hari dalam mendukung keberlanjutan perusahaan. Claussen menambahkan pandangannya bahwa peran teknologi dan misi dampak sosial harus menjadi satu kesatuan agar para showroom UMKM mobil bekas dapat memaksimalkan setiap kesempatan mereka jadi sebuah peluang bisnis.

“Hampir mayoritas showroom UMKM mobil bekas yang Broom.id temui memiliki masalah yang sama, yakni akses terhadap inventory penjualan baru maupun turnover transaksi jual-beli yang rendah atau stok yang menumpuk. Disisi lain, pengelolaan bisnis mereka masih dilakukan secara tradisional. Hal ini membuat mereka tidak memiliki fleksibilitas dari sisi cash flow serta menyulitkan mereka untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi. Untuk itu, kami terus mempertegas komitmen kami sebagai Teman Bisnis Showroom, dimana kami akan memberikan berbagai solusi teknologi dan layanan yang paling cocok bagi mereka, agar mereka dapat terus berkembang bersama kami.” pungkas Claussen.

Tags: #Broom.id#gandengshowroom#mobilbekas#Showroom mobil bekas

BeritaTerkait

Melaju Bersama Masa Depan: Sinergi Citroën dan Express Transindo Wujudkan Mobilitas Hijau

Melaju Bersama Masa Depan: Sinergi Citroën dan Express...

Fuso Effect: Strategi 55 Tahun Membangun Ekosistem Industri yang Tangguh di Indonesia

Fuso Effect: Strategi 55 Tahun Membangun Ekosistem Industri...

Kecelakaan Lalu Lintas: Masalahnya Bukan Teknis, tapi Moral “The cars we drive say a lot about us.” – Alexandra Paul

Kecelakaan Lalu Lintas: Masalahnya Bukan Teknis, tapi Moral...

Menanti Sang Petualang Baru: JETOUR T2 Siap Mengaspal dan Menginspirasi Perjalanan Indonesia

Menanti Sang Petualang Baru: JETOUR T2 Siap Mengaspal...

Mitsubishi Motors Perluas Layanan, DIPO Garut Hadir untuk Layani Konsumen Priangan Timur

Mitsubishi Motors Perluas Layanan, DIPO Garut Hadir untuk...

JAECOO J5 EV: Simbol Antusiasme Baru Era SUV Listrik Indonesia

JAECOO J5 EV: Simbol Antusiasme Baru Era SUV...

Discussion about this post

Terkini

Melaju Bersama Masa Depan: Sinergi Citroën dan Express Transindo Wujudkan Mobilitas Hijau

Melaju Bersama Masa Depan: Sinergi Citroën dan Express Transindo Wujudkan Mobilitas Hijau

13 November 2025

Fuso Effect: Strategi 55 Tahun Membangun Ekosistem Industri yang Tangguh di Indonesia

Fuso Effect: Strategi 55 Tahun Membangun Ekosistem Industri yang Tangguh di Indonesia

13 November 2025

Kecelakaan Lalu Lintas: Masalahnya Bukan Teknis, tapi Moral “The cars we drive say a lot about us.” – Alexandra Paul

Kecelakaan Lalu Lintas: Masalahnya Bukan Teknis, tapi Moral “The cars we drive say a lot about us.” – Alexandra Paul

12 November 2025

Menanti Sang Petualang Baru: JETOUR T2 Siap Mengaspal dan Menginspirasi Perjalanan Indonesia

Menanti Sang Petualang Baru: JETOUR T2 Siap Mengaspal dan Menginspirasi Perjalanan Indonesia

12 November 2025

Mitsubishi Motors Perluas Layanan, DIPO Garut Hadir untuk Layani Konsumen Priangan Timur

Mitsubishi Motors Perluas Layanan, DIPO Garut Hadir untuk Layani Konsumen Priangan Timur

11 November 2025

PT. LAPAN ENAM MULTIMEDIA

Nomor AHU-0054288.AH.01.01.Tahun 2018
Bank BRI KCP Rawasari Jakarta Pusat
Rekening : 1192.01.000325.309
a.n PT Lapan Enam Multimedia
NIB : 1271000353605
NPWP : 96.951.044.5-647.000

EMAIL:
redaksi@autoindo.id

  • Media Partner
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer

© 2025 Autoindo - Dev by achmad.

No Result
View All Result
  • MOBIL
  • MOTOR
  • KENDARAAN NIAGA
  • EVENT
  • MOTORSPORT
  • KOMUNITAS
  • PERJALANAN
  • TIPS
  • LIFESTYLE

© 2025 Autoindo - Dev by achmad.