AUTOINDO.ID, JAKARTA–Honda Prospect Motor (HPM) tengah bersiap meluncurkan model terbaru di segmen strategis. Sebagai bagian dari persiapan tersebut, Honda melakukan penyesuaian volume distribusi, terutama pada lini SUV.
Pada April 2025, kontribusi SUV terhadap penjualan wholesales tercatat 24%, turun dari rata-rata bulanan di atas 35%. Penurunan ini sejalan dengan strategi penyegaran produk dan peluncuran model baru.
Selain itu, kendala logistik pada pengiriman beberapa model impor juga mempengaruhi total volume wholesales. Meski demikian, Honda menegaskan komitmennya menjaga pasokan dan pelayanan untuk konsumen di seluruh Indonesia.
“Pada kuartal pertama 2025, pasar otomotif masih menghadapi tantangan akibat kondisi ekonomi dan hambatan pengiriman beberapa model CBU. Selain itu, kami memang melakukan penyesuaian sebagai bagian dari persiapan peluncuran model baru,” tutur Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM.
Sepanjang 2025, Honda akan menghadirkan tiga model hybrid sebagai bagian dari komitmennya terhadap efisiensi dan keberlanjutan. Salah satu di antaranya, Honda Civic RS e:HEV, telah diluncurkan pekan lalu, mendukung target netralitas karbon Honda pada 2050.