spot_img
Selasa, Februari 11, 2025
  • HOME
BerandaBerita UtamaIsuzu Raih Pangsa Pasar 30,5% di 2024, Dominasi Kendaraan Komersial Nasional

Isuzu Raih Pangsa Pasar 30,5% di 2024, Dominasi Kendaraan Komersial Nasional

- Advertisement -spot_img

AUTOINDO.ID, JAKARTA–Pertumbuhan bisnis Isuzu di Indonesia terus menunjukkan tren positif selama lima tahun terakhir. Dengan pangsa pasar mencapai 30,5% pada 2024, Isuzu semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemain utama di segmen kendaraan komersial. Keberhasilan ini tidak lepas dari produk unggulan dan layanan purna jual yang menjawab kebutuhan konsumen, baik di dalam maupun luar negeri.

“2024 adalah tahun yang penuh tantangan bagi pasar otomotif nasional. Namun, Isuzu berhasil membuktikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kepercayaan konsumen terhadap kendaraan kami adalah bukti bahwa Isuzu mampu memenuhi kebutuhan mereka dan menjadi mitra perjalanan bisnis yang andal selama 50 tahun terakhir,” tutur Yusak Kristian Solaeman, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Penjualan Signifikan dari Produk Andalan

Sepanjang 2024, PT IAMI mencatatkan penjualan retail sebesar 27.984 unit. Beberapa produk unggulan seperti Isuzu ELF, TRAGA, dan GIGA memberikan kontribusi besar.

Isuzu ELF: Terjual 12.610 unit (26,6% di segmennya).

Isuzu TRAGA: Meraih penjualan 10.954 unit dengan pangsa pasar pikap medium sebesar 47,7%.

Isuzu GIGA: Terjual 4.420 unit (20,5% pangsa heavy-duty truck).

Produk-produk ini terus memperkuat posisi Isuzu sebagai pilihan utama kendaraan komersial di Indonesia. Selain itu, segmen kendaraan ringan seperti mu-X 4×4 dan D-Max juga terus mendukung sektor tambang, perkebunan, minyak dan gas, rental, hingga pemerintahan.

Yusak Kristian Solaeman, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memaparkan kinerja Isuzu selama tahun 2024.
(photo-photo : Denny C)

Ekspor dan Produksi di Pabrik Karawang

Pabrik Isuzu di Karawang semakin dioptimalkan untuk pasar domestik dan ekspor. Pada 2024, lebih dari 8.000 unit kendaraan komersial telah diekspor ke 19 negara, termasuk Filipina, Laos, dan Nicaragua. Selain itu, pabrik ini memproduksi 1.500 unit UD Truck Quester dalam kerja sama dengan UD Truck.

Layanan Purna Jual yang Unggul

Kepercayaan konsumen juga diperkuat oleh jaringan layanan Isuzu yang luas, antara lain:

  • 124 outlet resmi Isuzu.
  • 1.900 part shop dan 4 part depo untuk ketersediaan suku cadang.
  • 159 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) dan 165 Bengkel Mitra Isuzu (BMI).
  • Layanan mekanik bersertifikasi global melalui program Mechanic On Site.

Prestasi mekanik Isuzu juga terbukti melalui kemenangan di ajang internasional, seperti Juara 1 di I-1 Grand Prix 2024 dan ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) 2024.

Penghargaan dan Komitmen Berkelanjutan

Pada 2024, Isuzu meraih sejumlah penghargaan bergengsi, termasuk Top Brand untuk kategori Cargo Commercial Vehicle dan sertifikasi INDI 4.0 dari Kementerian Perindustrian RI.

Memasuki 2025, PT IAMI berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas, layanan purna jual terbaik, dan strategi bisnis yang berkelanjutan. “Kami akan terus menjadi mitra terpercaya konsumen dalam mendukung pertumbuhan usaha mereka,” pungkas Yusak Kristian Solaeman.

- Advertisement -spot_img
Baca Juga
Related News