AUTOINDO.ID, KARAWANG–PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, menandai eksistensinya yang ke-45 tahun di Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik bagi konsumennya. Hal tersebut disampaikan dalam event “45th Anniversary PT Bridgestone Tire Indonesia,” Kamis (02/12/2021), di kantor pusat Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat sekaligus media gathering.
Sesuai dengan misi perusahaan untuk “Melayani Masyarakat dengan Mutu Tertinggi,” Bridgestone Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk serta layanan terbaik demi menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen.
![](https://i0.wp.com/autoindo.id/wp-content/uploads/2021/12/AEB3819D-BDFC-4A7D-A3DF-7F28167B20BD.jpeg?resize=640%2C378&ssl=1)
(photo-photo : Denny C dan Dok.Bridgestone Tire Indonesia)
“Di tingkat global, tahun ini merayakan hari jadinya yang ke-90 tahun sedangkan di Indonesia tahun ini menandai 45 tahun eksistensi kami. Telah cukup banyak capaian yang berhasil kami raih, tidak hanya menjadi salah satu pemimpin pasar ban mendapatkan kepercayaan dari pasar domestik, produk Bridgestone Indonesia juga telah berhasil diekspor ke lebih dari 70 negara,” tutur Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia.
Menerapkan standar internasional Bridgestone menghadirkan produk ban terbaik, juga telah berhasil meraih kepercayaan dari berbagai pabrikan otomotif ternama dengan menjadikan produk Bridgestone sebagai ban Original Equipment (OE) kendaraan terbaik mereka. Baik untuk segmen passenger car maupun kendaraan komersil.
![](https://i0.wp.com/autoindo.id/wp-content/uploads/2021/12/98665517-F6ED-476B-9207-10CD4BC3B7AC.jpeg?resize=640%2C381&ssl=1)
Mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia sejak 1976, saat ini Bridgestone Indonesia telah memiliki dua pabrik ban yang berlokasi di Bekasi dan Karawang, dengan didukung lebih dari 3.400 tenaga kerja lokal. Kedua pabrik tersebut memproduksi ban penumpang serta ban komersil untuk bis dan truk. Produk Bridgestone Indonesia dipasarkan melalui distributor serta lebih dari 350 jaringan retail resmi seperti Bridgestone Toko Model, Bridgestone One Stop Service, Bridgestone Truck Tire Centre (BBTC), dan 1.500 jaringan toko dan bengkel lainnya di seluruh Indonesia dengan menerapkan standar kualitas layanan terjamin dengan peralatan modern serta didukung staf dan mekanik profesional yang terlatih dan disertifikasi oleh Bridgestone Indonesia’s Training Center (BINEC).
Sedang dari sisi produk, performa Bridgestone didukung melalui line up produk yang lengkap. Bridgestone Indonesia menghadirkan berbagai produk ban untuk masing-masing tipe segmen kendaraan. Di pasaran Indonesia produk Bridgestone mengisi line up untuk segmen kendaraan kelas menengah, premium, sport, touring, ramah lingkungan, serta produk ban khusus yang ditujukan untuk kendaraan tipe Sport Utility Vehicles (SUV), baik untuk medium SUV maupun SUV premium.
“Bila merujuk pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memasuki tahun 2020 untuk tipe kendaraan SUV sepertinya semakin banyak diminati masyarakat Indonesia. Diperkirakan trend ini akan terus berlanjut dan meningkat hingga 2030. Hal tersebut tentunya turut menjadi fokus Bridgestone dalam memberikan pelayanan terbaik untuk menghadirkan produk yang tepat di pasaran,” tutur Bangun Istyaji yang akrab disapa Aji, Sales & Marketing Director Bridgestone Indonesia.
Trend peningkatan minat terhadap SUV ini secara otomatis menurut Aji akan turut berpengaruh pada peningkatan penggunaan ban dengan diameter rim yang lebih tinggi, 17 inci atau lebih. Untuk segmen ini Bridgestone diwakili oleh produk Dueler H/P 680, Dueler A/T697, Dueler M/T 674, dan untuk premium SUV tersedia Alenza.
“Namun hal ini bukan berarti mengalihkan fokus kami untuk segmen lainnya. Kami akan tetap memberikan yang terbaik untuk setiap segmen dan tipe kendaraan,” terang Aji. Memasuki usianya yang ke-45 tahun di Indonesia, Bridgestone juga akan lebih meningkatkan layanan servisnya dengan terus menjajaki layanan mobile service melalui layanan Mobile Care untuk TOMO dan Mobile Service BTTC untuk menjangkau jaringan pelanggan yang lebih luas, dan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen.
Sementara itu BMW Indonesia mendukung kegiatan Media Gathering PT Bridgestone Tire Indonesia di Proving Ground Karawang dengan menghadirkan BMW X3 xDrive30e, kendaraan Plug-in Hybrid ini merupakan kombinasi unik dari BMW xDrive all- wheel drive yang cerdas dan teknologi BMW eDrive yang inovatif, hadirkan kenikmatan berkendara yang fokus pada Sustainability. Para peserta yang hadir dapat langsung mencoba kendaraan inovatif ini secara langsung di fasilitas pengujian ban milik PT Bridgestone Tire Indonesia tersebut.
“BMW Indonesia berkomitmen untuk mendukung kegiatan para mitra strategisnya, salah satunya adalah PT Bridgestone Tire Indonesia. Untuk itu kami sangat senang dapat hadirkan pengalaman berkendara dengan kendaraan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yaitu BMW X3 xDrive30e M Sport. Kendaraan ini hadir dengan teknologi state-of- the-art dalam hal system penggerak BMW xDrive dan BMW eDrive technology. Kombinasi mesin bensin 2.0L dan motor elektrik menghasilkan tenaga dan efisiensi terbaik di segmen premium Sport Activity Vehicle dan menghasilkan tenaga 292hp dan torsi 420Nm,” tutur Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.