AUTOINDO.ID,JAKARTA– Peran teknisi sangat vital dalam memberikan layanan purna jual bagi sebuah bengkel kendaraan bermotor. Selain kemampuan teknis yang mumpuni, seorang teknisi andal juga dituntut memiliki kemampuan sikap atau prilaku yang terpuji agar tercipta kepercayaan dan keyakinan atas produk yang digunakan konsumen.
Untuk mengasah kemampuan para teknisi agar selalu pada kondisi terbaiknya, Astra Daihatsu Motor selaku agen pemegang merek (APM) tak ada hentinya menggelar berbagai programnya melalui ajang adu ketrampilan para teknisi demi memberikan pelayanan kualitas terbaik kepada pelanggan. Hal ini diwujudkan melalui penyelenggaraan Daihatsu Skill Contest 2022 bertema ‘RACE for customer satisfaction, through digital transformation & creative energy’ pada 23 Februari 2022 bertempat di Daihatsu Technical Training Center, Sunter, Jakarta, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai peraturan yang berlaku.
![](https://i0.wp.com/autoindo.id/wp-content/uploads/2022/02/mekanik-2-ok.jpg?resize=308%2C205&ssl=1)
Petugas diuji kemampuan dalam memberikan kepuasan pada sisi after sales, mulai dari pelayanan, hingga kualitas pengerjaan yang handal. Kontes ini mempertandingkan beberapa kategori mencakup teknisi, foreman (kepala regu), dan service advisor (SA). Kontes dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap seleksi internal di masing-masing bengkel, berlanjut ke tes teori secara online, tes praktek di regional, dan babak final di Jakarta. Seleksi kontes diadakan di 8 regional area, meliputi Sumatera, DKI 1, DKI 2, Jawa Barat; Jawa Tengah; Jawa Timur; Kalimantan; dan Indonesia Bagian Timur (IBT).
Sbanyak 1.981 total peserta dari seluruh Indonesia, terseleksi sebanyak 24 finalis terbaik yang masuk ke babak final mewakili masing-masing wilayah. Pada babak final, seleksi dan penentuan pemenang dilakukan secara beregu atau tim untuk mendapatkan yang terbaik.
Kontes aftersales Daihatsu se-Indonesia ini merupakan ajang yang konsisten diadakan untuk ke-30 kalinya sejak 1985, dan merupakan hasil inovasi Daihatsu dalam mengasah keterampilan individu dan kekompakan tim untuk melayani pelanggan dengan lebih baik sesuai dengan standar kerja Daihatsu. ” Semoga kontes ini dapat terus memotivasi para teknisi Daihatsu, serta dapat meningkatkan kenyamanan, dan kepercayaan pelanggan”, ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.