AUTOINDO.ID, TANGERANG–Mobil LCGC seperti Astra Daihatsu Sigra kembali mencuri perhatian di GIIAS 2025. Harga terjangkau, konsumsi bahan bakar irit, serta kapasitas 7 penumpang menjadikan Sigra pilihan ideal bagi pembeli mobil pertama, terutama kalangan muda usia 25–35 tahun dengan pendapatan mulai Rp8 juta per bulan.
Dukungan penuh datang dari Astra Financial yang menggandeng Daihatsu untuk menggelar talk show edukatif di booth utama Astra Financial, ICE BSD, Kamis (31/7). Tema utama bagaimana mewujudkan impian memiliki mobil pertama melalui layanan keuangan yang cerdas dan menguntungkan.
“Mobil LCGC menjadi favorit karena efisiensi, harga bersahabat, dan ramah lingkungan. Apalagi, 60% pembelian mobil di Indonesia berasal dari pembeli mobil pertama. Ini peluang besar,” kata Ariandana Wantho, Marketing & Sales Astra Financial.
Ia menambahkan bahwa 70% transaksi mobil di Indonesia dilakukan secara kredit, sehingga peran lembaga pembiayaan sangat krusial. Di sinilah Astra Financial hadir menawarkan solusi keuangan terpadu, mulai dari pembiayaan, asuransi, hingga layanan digital.
Dari sisi produsen, Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, menjelaskan bahwa Daihatsu memimpin pasar LCGC dengan pangsa 41%. Sejak diluncurkan, Sigra telah terjual lebih dari 425 ribu unit.
“Kami punya lebih dari 170 jaringan bengkel resmi di Indonesia, suku cadang mudah didapat, dan harga jual kembali Sigra juga stabil. Ini penting bagi konsumen yang sangat mempertimbangkan nilai investasi,” tegas Tri.

Selama GIIAS 2025, Astra Financial menghadirkan promo spesial untuk pembelian Sigra, termasuk bunga ringan mulai dari 2,3% untuk tenor 1–3 tahun, serta 4,5% untuk tenor 4–5 tahun. Cicilan bulanan bisa hemat hingga Rp190 ribu, setara dengan total keuntungan maksimal Rp25,95 juta selama masa promo.
“Melalui ACC dan TAF, kami hadirkan bunga spesial dan cashback. Ini wujud komitmen Astra Financial untuk mendukung kehidupan finansial yang lebih baik bagi pembeli mobil pertama,” tutur Hendra, Marketing & Sales Astra Financial.
Edukasi keuangan ini bukan sekadar promosi, tapi bentuk nyata dari komitmen jangka panjang Astra Financial dan Daihatsu dalam mendukung mobilitas generasi muda Indonesia agar bisa berkendara dengan bijak, aman, dan penuh manfaat.