AUTOINDO.ID, JAKARTA–Sky Explorer bukan sekadar nama kampanye. Ia adalah representasi dari sinergi lintas industri yang menyatukan mobilitas darat dan udara, dengan sentuhan budaya pop khas anak muda Indonesia. Menggabungkan kekuatan tiga nama besar Mitsubishi Motors, Garuda Indonesia, dan IP komik lokal Tahilalats kampanye ini hadir menyambut peluncuran model flagship terbaru Mitsubishi Motors yang akan diperkenalkan sepanjang Juli hingga Desember 2025.
Lewat Sky Explorer, penumpang Garuda Indonesia akan menemukan berbagai kejutan mulai dari boarding pass, gelas kertas, hingga sistem hiburan dalam pesawat yang semuanya disisipi sentuhan khas Mitsubishi dan ilustrasi jenaka ala Tahilalats. Tidak hanya itu, informasi tentang mobil terbaru juga dimuat dalam majalah Colours edisi Agustus serta booklet edisi spesial di lounge dan penerbangan tertentu.
“Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Garuda Indonesia simbol kebanggaan nasional dan Tahilalats yang mewakili semangat kreatif anak muda masa kini. Inisiatif ini bukan hanya kampanye produk, melainkan cerminan komitmen kami dalam memberdayakan kreativitas lokal dan menghadirkan pengalaman yang relevan bagi konsumen Indonesia,” tutur Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).
Kampanye Sky Explorer juga akan hadir dalam booth spesial di GIIAS 2025, mengusung lounge eksklusif dan aktivitas interaktif. Bahkan, MMKSI juga membawa pengalaman test drive langsung ke kantor pusat Garuda Indonesia membuka kesempatan bagi kru dan karyawan maskapai untuk mengenal lebih dekat mobil andalan terbaru mereka.
Bagi Garuda Indonesia, kerja sama ini menjadi bukti bahwa inovasi layanan bisa melampaui batas tradisional dan menjangkau pasar lewat pendekatan yang tak biasa.
“Kemitraan ini menunjukkan bahwa konsep IP yang kreatif bisa menjadi strategi promosi yang kuat. Peluncuran ‘IP Sky Explorer’ bersama Tahilalats dan Mitsubishi Motors memperlihatkan bagaimana sinergi antarindustri bisa melahirkan solusi yang inovatif dan bernilai tambah,” kata Wamildan Tsani, Direktur Utama Garuda Indonesia.

Apresiasi pun datang dari pemerintah. Kementerian Ekonomi Kreatif RI menyambut hangat inisiatif ini sebagai bagian dari upaya memperkuat ekosistem kreatif nasional.
“Kolaborasi lintas industri seperti ini menyatukan storytelling, branding, dan konten kreatif lokal untuk menciptakan nilai tambah nyata. Kami berharap lebih banyak brand ikut mendukung kreator lokal dalam membangun ekonomi kreatif yang kuat dan dinamis,” ujar Irene Umar, Wakil Menteri Kementerian Ekonomi Kreatif RI.
Perayaan 55 tahun Mitsubishi Motors di Indonesia bukan hanya tentang tonggak sejarah, melainkan momentum untuk terus terlibat dalam kehidupan masyarakat lewat inovasi dan kolaborasi bermakna. Sky Explorer menjadi bukti bahwa ketika mobil, pesawat, dan komik bersatu, perjalanan bukan sekadar perpindahan melainkan pengalaman yang menyenangkan dan menginspirasi.