spot_img
Senin, Maret 17, 2025
  • HOME
BerandaBerita UtamaTaycan Turbo GT Pecahkan Rekor di Interlagos, Lebih Cepat dari 911 Turbo...

Taycan Turbo GT Pecahkan Rekor di Interlagos, Lebih Cepat dari 911 Turbo S

- Advertisement -spot_img

AUTOINDO.ID, SAO PAULO–Setelah mencetak rekor di Nürburgring (Eropa), Shanghai (Asia), dan Laguna Seca (Amerika Utara), Porsche Taycan Turbo GT dengan Weissach Package kini menorehkan lap record baru di Interlagos, São Paulo, Amerika Selatan.

Felipe Nasr, juara IMSA dan pemenang 24 Hours of Daytona, mencatatkan waktu 1:42,1 menit pada 5 Februari 2025. Catatan ini memangkas hampir delapan detik dari rekor Taycan Turbo S (1:49,8) pada 2022 dan bahkan lebih cepat dari rekor 911 Turbo S (1:43,087).

“Datang ke Interlagos setelah menang di Daytona dan mengendarai Taycan Turbo GT adalah pengalaman luar biasa,” ujar Nasr. “Akselerasi dan torsi dahsyatnya sudah saya perkirakan, tapi kestabilan dan presisinya benar-benar mengesankan. Di ‘Curva do Café’, saya menggunakan Attack Mode dan mencapai 272 km/jam. Mobil ini benar-benar menunjukkan performa sesungguhnya.”

Sirkuit sepanjang 4,3 km ini dikenal dengan perubahan ketinggian yang menantang dan merupakan arena bagi balapan Formula 1 serta FIA Endurance Championship (WEC) di Brasil. Peter Vogel, CEO Porsche Brazil, menegaskan pencapaian ini membuktikan keunggulan Taycan terbaru, bertepatan dengan debutnya di pasar Brasil.

Rekor Taycan di Berbagai Sirkuit Dunia

Sebelum Interlagos, Taycan Turbo GT telah mencetak rekor di tiga benua lainnya:

Shanghai International Circuit (2:11.28 menit, Oktober 2024) – Lap record pertama yang diakui resmi oleh sirkuit

Laguna Seca (1:27.87 menit, musim semi 2024) – Mobil listrik legal jalan raya tercepat

Nürburgring Nordschleife (7:07.55 menit, versi pre-production) – 26 detik lebih cepat dari rekor Taycan Turbo S sebelumnya

Performa Taycan Turbo GT dan Weissach Package

Istimewa

Taycan Turbo GT dibekali inverter lebih kuat dengan silicon carbide di sumbu belakang, menghasilkan tenaga puncak lebih dari 1.100 PS. Attack Mode memberikan tambahan daya 120 kW selama 10 detik, seperti sistem pada mobil Formula E.

Dengan bobot lebih ringan 75 kg dibanding Taycan Turbo S, model ini dilengkapi Porsche Active Ride Suspension yang telah dioptimalkan untuk performa di trek. Taycan Turbo GT dengan Weissach Package bahkan menghilangkan rear bench seat demi meningkatkan rasio power-to-weight.

Sejak Mei 2024, Taycan Turbo GT juga menjadi safety car di Formula E, semakin membuktikan DNA balapnya di lintasan.

- Advertisement -spot_img
Baca Juga
Related News