AUTOINDO.ID, JAKARTA–Pameran otomotif Jakarta Autoweek (JAW) 2022 setelah mundur selama sepekan akhirnya siap digelar pada 12 Maret hingga 20 Maret mendatang.
Pameran otomotif yang baru pertama kali digelar Gaikindo tersebut diikuti 13 agen pemegang merek (APM) di Tanah Air. Namun sayangnya para peserta APM tersebut seluruhnya merupakan APM produk asal Jepang, Korea dan Cina. Sedangkan APM asal Eropa absen dalam pameran yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) tersebut.
Rizwan Alamsjah selaku Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo mengakui absennya APM asal Eropa yang biasanya diwakili Mercedes Benz dan BMW lantaran masalah pembiayaan. “BMW dan Mercy alasannya karena anggaran,” katanya.
Menurutnya untuk mengikuti pameran ini setiap APM harus siapkan anggaran. Apalagi ini pameran penting yang menekankan penjualan, beberapa APM tidak siap anggarannya. “banyak yang anggaran sampai Maret kalau April mereka mau ikut,” kata Rizwan.
Selain itu jumlah peserta industri pendukung otomotif yang hadir dalam pameran ini juga berkisar 10 persen. Hal itu diperkirakan karena masalah keterbatasan dana para peserta akibat pandemi dan persiapan mengikuti GIIAS 2022 mendatang.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menilai pameran yang dikelola kementerian perindustrian ini menekankan hard selling gua mendorong penjualan. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa, tentunya menjadi pasar otomotif yang menarik, termasuk industri otomotifnya yang telah mengekspor berbagai produk ke sejumlah negara.
Sejak dijalankan pada tahun 2020, kebijakan PPnBM telah mampu menyelamatkan dan menggairahkan Kembali industri otomotif Indonesia. Salah satu indikator penting adalah naiknya daya beli masyarakat serta kembali maraknya berbagai program dari lembaga pembiayaan, yang selama ini telah menjadi bagian sangat penting dalam proses pembelian produk otomotif oleh banyak konsumen di Indonesia.
Beragam promo akan dihadirkan sepanjang pameran Jakarta Auto Week, mulai dari relaksasi PPnBM, potongan down payment, bunga 0 persen, gratis biaya servis berkala, hingga hadiah langsung yang ditawarkan para peserta pameran. Deretan APM yang memastikan kehadirannya di pameran ini diantaranya Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling serta industri pendukung otomotif lainnya.
Tiket Jakarta Auto Week tersedia secara online pada aplikasi Auto360, yang dapat diunduh pada Appstore dan Playstore. Tiket Jakarta Auto Week akan terbagi menjadi tiket Weekdays Senin-Jumat seharga Rp.50.000, – dan tiket Weekend yang berlaku pada Sabtu-Minggu seharga Rp.70.000.
Panitia juga mewajibkan prokes ketat bagi para pengunjung pameran secara offline. untuk pengunjung yang berusia 12 tahun ke atas telah memenuhi vaksin lengkap 2x dosis dan minimal 1x dosis untuk anak berusia 6-12 tahun, serta telah terdaftar diaplikasi PeduliLindungi.