AUTOINDO.ID, JAKARTA–Kemenkeu mengeluarkan kebijakan memperpanjang insentif PPnBM hingga Desember 2021. Kebijakan ini bertujuan mendorong tren positif penjualan mobil. Menurut data Gaikindo, PT Suzuki Indomobil Sales(SIS)turut berkontribusi terhadap tren positif tersebut dengan peningkatan penjualan di bulan Agustus 2021 jika dibanding bulan Juli 2021, yaitu sebesar 60 persen untuk wholesalesdan 38 persen untuk retail sales. Penjualan Suzuki didominasi XL7, All New Ertiga, danNew Carry Pick Up.
Menurut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, selain penjualan bulan Agustus yang cukup baik, Suzuki juga mencatatkan kinerja yang baik untuk periode Januari-Agustus 2021. “Selama Januari sampai Agustus 2021 Suzuki mengalami peningkatan wholesales sebesar 51 persen dan retail sales 25 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Peningkatan penjualan terjadi sejak memasuki periode insentif PPnBM, yaitu di bulan Maret 2021. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah memperpanjang kembali insentif PPnBM 100 persen,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.
Dilansir dari Gaikindo, selain berdampak pada industri otomotif, insentif PPnBM juga menciptakan multiplier effect terhadap perekonomian. Seperti misalnya, adanya insentif ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga perekonomian domestik menjadi lebih aktif. Selain itu, apabila kendaraan yang menggunakan komponen-komponen lokal mendapat insentif, maka akan berdampak positif pula bagi industri komponen di Indonesia.
Karena hal tersebut, Pemerintah memperpanjang kebijakan insentif PPnBM 100 persen untuk kendaraan penumpang berkapasitas mesin hingga 1.500 cc, insentif PPnBM 50 persen untuk kendaraan penumpang 4×2 berkapasitas mesin lebih dari 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc, serta insentif PPnBM 25 persen untuk kendaraan penumpang 4×4 berkapasitas mesin lebih dari 1.400 cc hingga 2.500 cc.
Pada bulan Agustus, XL7 sebagai The New Extraordinary SUV yang mendapat insentif PPnBM 100 persen mengalami peningkatan sebesar 103 persen untuk wholesales dan 33 persen untukretail sales, jika dibandingkan dengan Juli 2021.Begitupun dengan All New Ertiga yang juga mendapat insentif PPnBM 100 persen. Wholesales mobil kebanggaan keluarga Indonesia tersebut naik 174 persen untuk periode yang sama. Sedangkan untuk retail sales naik 60 persen. Di luar produk yang mendapat insentif PPnBM, penjualan New Carry Pick Up naik 51 persen untuk wholesales dan 40 persen untuk retail sales. “Perpanjangan kembali insentif PPnBM 100 persen kami harap memberikan dampak positif bagi industri otomotif,” tutur Donny.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), juga mencatat hasil positif penjualan retail kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors bulan Agustus 2021, dengan total 8.521 unit dan pangsa pasar 12,2 persen. Pada segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 5.645 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 2.876 unit. Model Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI lebih dari 46 persen.
Mitsubishi L300 berkontribusi lebih dari 26 persen dan Mitsubishi Pajero Sport dengan kontribusi lebih dari 19 persen. “Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisi sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini, dibuktikan dengan peningkatan penjualan, pangsa pasar di segmennya dan juga kontribusi model tersebut kepada seluruhan penjualan model Mitsubishi Motors di Indonesia.
Kami terus membuka komunikasi dengan konsumen untuk memperkuat posisi produk kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, termasuk beragam layanan yang dapat dinikmati oleh konsumen secara mudah dan nyaman pada keseluruhan proses kepemilikan
kendaraan,” kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.
Model kendaraan Mitsubishi Motors terbukti tetap menjadi pilihan karena kesesuaiannya dalam menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan capaian dan hasil baik oleh model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia pada periode Agustus 2021: Model Xpander (termasuk Xpander Cross) mampu menjaga pangsa pasar di segmen small MPV sekitar 28 persen, dan terjual 3.966 unit. Pajero Sport meraih lebih dari 36 persen pangsa pasar di segmen Medium SUV 2.500 CC (4×2 dan 4×4), dengan terjual 1.668 unit. L300 mempertahankan posisi sebagai pemimpin segmen Small Pick-Up 4×2 dengan pangsa pasar sekitar 66 persen, dengan terjual 2.268 unit. Mitsubishi Triton mempertahankan posisi sebagai pemimpin Pick-Up 4×4 dengan
pangsa pasar lebih dari 62 persen, dengan 604 unit.