AUTOINDO.ID, JAKARTA–Pandemi Covid-19 telah mendorong banyak perusahaan menggencarkan transaksi penjualan secara digital. Karena itu dibutuhkan kreativitas yang tinggi dalam merancang penjualan secara online guna mendapatkan hasil maksimal.
Seperti Daihatsu yang melakukan program penjualan dan hiburan melalui acara bertajuk Virtual Daihatsu Festival pada Sabtu, 24 Juli 2021, pukul 10.00 – 11.00 WIB. Daihatsu memberikan berbagai paket promo penjualan mulai dari penjualan, hingga fasilitas trade-in (tukar-tambah) dengan beragam benefit menarik. Pada promo penjualan, Daihatsu berikan berbagai paket promo seperti gratis biaya admin untuk setiap pembelian secara kredit, serta extra cashback untuk pembelian cash.
Konsumen juga dapat langsung mengunjungi media sosial Daihatsu di Instagram @daihatsuind, Facebook Daihatsu @DaihatsuIndonesia, dan Youtube channel Daihatsu Sahabatku. “Konsumen dapat memiliki mobil baru yang lebih aman dan nyaman,”kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Rabu (21/7).
Di masa PPKM Darurat ini, Daihatsu tetap melakukan ekspor produknya ke sejumlah negara yang berdampak pada pemasukan devisa Indonesia. Di sisi lain Daihatsu menerapkan protokol kesehatan ketat dalam proses produksinya. Dampak dari itu terjadi penurunan produknya hanya 420 ribu pertahun. “Kami mendukung kebijakan pemerintah yang berorientasi ekspor,” katanya.

Sejalan dengan peraturan tersebut, Daihatsu memberlakukan pembatasan operasional demi mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan, serta stakeholders lainnya sekaligus mendukung peraturan pemerintah dalam meminimalisir penyebaran pandemi ini. Sejumlah ruang pamer dan bengkel juga dikurangi kegiatannya hanya 10 persen untuk melindungi karyawan dan konsumen. Karena itu konsumen yang hendak servis disarankan untuk booking terlebih dahulu, atau memaksimalkan layanan Daihatsu Mobile Service.
Bagi area yang terdampak PPKM Darurat, Daihatsu menutup sementara seluruh showroom di Jawa-Bali, serta 15 kota/kabupaten lainnya dengan menerapkan 100 persen WFH pada karyawan dan tetap berkomitmen melayani pelanggan dengan maksimal dari rumah untuk memenuhi permintaan konsumen. Guna mendukung Program PPKM Darurat, khususnya di sektor transportasi, logistik, distribusi barang dan jasa serta layanan kesehatan yang menggunakan armada kendaraan Daihatsu, layanan bengkel Daihatsu tetap beroperasi, namun dengan kapasitas terbatas.
Secara nasional, pasar ritel otomotif pada Juni 2021 mencatatkan torehan di kisaran 65 ribu unit, atau naik sebesar 2,5 persen dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sebanyak sekitar 64 ribu unit. Kenaikan serupa juga terjadi pada pasar wholesales nasional, yang mencatatkan capaian kisaran 72 ribu unit, atau naik sebesar 32,7 persen dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 54 ribu unit.